Keterampilan kepemimpinan dan memahami kebutuhan anak adalah hal yang harus terus diasah dan dikembangkan oleh seorang Guru. Dengan berdiskusi dan berbagi dengan sesama Guru, akan semakin banyak ilmu dan keterampilan yang dikembangkan dan disebarluaskan sehingga akan semakin banyak pula Guru yang terus belajar bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik.

Bantu Guru Belajar Lagi menginisiasikan Program Guru Penggerak untuk mencari Guru-guru yang berjiwa kepemimpinan dan berkomitmen kuat untuk membentuk Komunitas Guru Belajar di lingkungannya masing-masing.

Tujuan Program Guru Penggerak

Membentuk Guru-guru untuk menjadi agen perubahan dalam memberikan teladan dan menggerakan rekan-rekan guru untuk bersama menciptakan pendidikan yang berorientasi pada kepentingan anak..

Apa itu Guru Penggerak?

Guru penggerak adalah Bapak/Ibu Guru yang berperan sebagai pembentuk dan pemimpin Komunitas Guru Belajar di lingkungannya masing-masing.

Bagaimana cara menjadi Guru Penggerak?

Untuk menjadi Guru Penggerak, Bapak/Ibu Guru harus terlebih dahulu mengikuti Kelas Pelatihan Guru Penggerak. .

Apa itu Kelas Guru Penggerak?

Kelas Guru Penggerak adalah kelas pelatihan untuk calon Guru Penggerak yang terpilih. Di kelas ini, para calon Guru Penggerak akan diberikan modul-modul pelatihan sebagai berikut:
1. Belajar Mandiri untuk Guru
2. Manajemen Komunitas Guru Belajar
3. Kerjasama Tim Guru Penggerak
4. Tahap Perkembangan & Cara Belajar Anak
5. Desain Pembelajaran Berbasis Pemahaman Tujuan
6. Disiplin Positif
7. Manajemen Kelas

Kapan Kelas Guru Penggerak akan dilaksanakan?

Kelas Guru Penggerak akan dilaksanakan sekitar bulan Juli selama 5 hari berturut-turut.

Bagaimana cara mengikuti Kelas Guru Penggerak?

Bapak/Ibu Guru harus mengisi formulir pendaftaran di bawah ini terlebih dahulu. Dan tim Bantu Guru Belajar Lagi akan menghubungi kembali untuk proses selanjutnya.

Formulir Pendaftaran Peserta Kelas Guru Penggerak

Nama Lengkap (sesuai KTP)*
Jenis Kelamin*
Apakah Bapak/Ibu pernah mengikuti kelas BGBL?*
Tanggal Lahir*
Nomor Handphone (WhatsApp)*
Mohon dipastikan bahwa email yang dituliskan masih digunakan. Informasi lanjutan tentang proses ini akan dikabarkan melalui email.
Tempat Tinggal Bapak/Ibu Saat Ini (tidak harus sesuai KTP) *
Profesi
Lokasi Sekolah Tempat Bapak/Ibu Bertugas*
Jenjang Sekolah Bapak/Ibu Bertugas*
Nama Sekolah Tempat Bapak/Ibu Bertugas*
Kepemilikan NUPTK *
Lama Bertugas*
Pendidikan Terakhir *

Motivasi, Pengalaman, dan Pandangan

Bagian ini mengeksplorasi alasan Bapak/Ibu mengikuti program ini dan pengalaman serta pandangan Bapak/Ibu yang relevan dengan Kelas Guru Penggerak. Mohon bagian ini diisi dengan komprehensif dan sungguh-sungguh, namun tetap menggambarkan kenyataan yang sebenarnya.

Jelaskan alasan Bapak/Ibu tertarik untuk mengikuti Kelas Guru Penggerak!*
Dalam 5 tahun terakhir, apakah Bapak/Ibu pernah bergabung dengan komunitas/organisasi? (tidak harus organisasi pendidikan)*
Jika ya, jelaskan peran Bapak/Ibu di dalam komunitas/organisasi tersebut! Sebutkan juga tanggung jawab Bapak/Ibu terkait peran tersebut!
Dalam 5 tahun terakhir, apakah Bapak/Ibu pernah menjadi pembicara/pelatih/pembawa acara di suatu kegiatan (selain mengajar di kelas)
Jika ya, jelaskan materi apa yang Bapak/Ibu sampaikan dan apa kegiatan yang dimaksud?
Menurut Bapak/Ibu, siapa pihak yang paling bertanggungjawab untuk mengembangkan kapasitas guru?*
Selama ini, apa yang Bapak/Ibu sudah lakukan untuk mengembangkan kapasitas diri?*
Ceritakan kesulitan yang pernah Bapak/Ibu temui ketika mengajar di ruang kelas atau memimpin sekolah (bagi Kepala Sekolah), apa langkah pertama yang Bapak/Ibu lakukan untuk mengatasinya saat itu?*
Ceritakan satu pengalaman saat Bapak/Ibu mengalami kesulitan/tantangan meyakinkan orang lain, dan bagaimana Bapak/Ibu melaluinya!*

Pertanyaan di sini bersifat pengandaian. Namun, mohon Bapak/Ibu menjawab sesuai dengan tindakan yang akan Bapak/Ibu lakukan.

Jika Kelas Guru Penggerak diadakan selama 5 hari berturut-turut, apakah Bapak/Ibu bersedia untuk mengikuti seluruh kegiatan secara penuh?*
Jika Kelas Guru Penggerak membutuhkan kontribusi tambahan dana dari Bapak/Ibu, apakah Bapak/Ibu bersedia menyumbang?*
Sebutkan 3 materi yang Bapak/Ibu harapkan ada di Kelas Guru Penggerak yang dapat menunjang peran Bapak/Ibu! *