Pameran yang Digagas Tulus ‘Bantu Guru Belajar Lagi’

Net Entertainment News mewawancarai Tulus terkait pameran ilustrasi dan fotografi yang digagasnya pada Juli 2017 lalu bersama gerakan Bantu Guru Belajar Lagi. Pameran yang dihelat di Jakarta Creative Hub, Tanah Abang, Jakarta itu bertujuan mengumpulkan donasi untuk menyelenggarakan program pelatihan bagi 50 guru di tiga sekolah dasar di kawasan Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi. 

Karya visual yang dipamerkan merupakan hasil riset fotografer Rendha Rais dan ilustrator Rukmanul Hakim setelah beberapa kali datang ke kawasan Bantar Gebang. Ilustrasi yang dipajang dalam pameran ini merupakan hasil dari program Rembug Guru yang diinisiasi relawan pengajar dimana para guru didorong untuk mengisahkan mimpi dan harapan mereka kepada murid-murid dan diri mereka sendiri dalam bentuk visual. Sementara foto-foto yang dipamerkan menggambarkan kondisi sekolah, para guru dan anak didik yang ada di sana. 

Selain mengumpulkan dana untuk program peningkatan kompetensi guru, pameran yang berlangsung sejak 19 hingga 29 Juli 2017 ini juga digunakan sebagai ajang menyebarluaskan informasi tentang bentuk kontribusi yang kecil namun berarti, yang bisa dilakukan masyarakat terhadap dunia pendidikan di Indonesia. 

“Kita bisa berkontribusi di pendidikan dan tidak hanya infrastruktur pendidikan saja yang bisa diperbaiki ada yang tidak kalah pentingnya yakni kualitas pendidikan guru itu sendiri,” ujar Tulus. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *