Murid Saya Saja Berjuang, Masa Saya Tidak?

Nama saya Joko Kiswanto, anak didik saya biasa memanggil saya Pak Guru Joko. Saya adalah seorang Guru di SD Muhammadiyah Karangturi. Saya sudah menjadi Guru sejak 8 tahun silam. Kenapa Guru? Karena menjadi Guru itu Ladang Amal Jariyah yang Unik, dan Penuh Tantangan. Unik karena berkaitan dengan individu/ kelompok manusia yang punya karakteristik khas yang berbeda satu sama lain.

Lewat tulisan ini saya ingin bercerita soal murid saya, seorang pejuang kecil yang sangat gigih yang sangat berkesan dan menginspirasi saya. Saya mempunyai seorang murid perempuan yang memiliki sakit bawaan sejak lahir, setiap hari dia harus diantar jemput dan tidak bisa terlalu capek. Suatu ketika murid ini mendapat musibah. Ayahnya meninggal dunia. Ayahnya adalah penopang penghidupan keluarganya. Murid ini akan menjalani operasi yang tentu membutuhkan sangat banyak biaya. Kehilangan sang Ayah membuatnya sangat terpukul dan putus asa.

Beberapa tahun berlalu, tiba saatnya untuk menjalankan operasi yang sangat berat untuk anak sekecil itu, padahal ujian akhir kelas 6 SD juga sudah semakin dekat. Alhamdulillah operasi berjalan lancar. Pasca operasi, saya dibuat terkesan dengan kegigihan, semangat dan pantang menyerah murid saya ini. Hanya dalam waktu 3 minggu anak ini berjuang siang malam, belajar tanpa henti walau sedang di pembaringan sambil diselingi dengan padatnya jadwal kontrol dan terapi. Kamu sungguh hebat, nak!

Saya dan beberapa Guru lain pun harus mengajar secara bergantian di rumahnya untuk membimbing. Akhirnya saat ujian akhir kelas 6 SD, dia dapat menjalani ujian dengan lancar dan masuk ke peringkat 10 besar lho!

Hal ini sangat menyentuh hati saya dan merupakan pengalaman paling berkesan yang menjadi cambuk bagi saya untuk selalu mengabdi, tidak putus asa membimbing murid-murid dan juga terus meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar.

Murid saya saja berjuang dengan gigihnya, masa saya tidak?

Saya Pak Guru Joko, itulah cerita saya bersama murid yang saya banggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *