Kenapa Guru Harus Belajar Lagi?

1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kreatifitas

Seiring perkembangan zaman, seorang guru harus bisa beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Banyaknya ilmu yang dapat diakses oleh setiap orang melalui internet, dapat menyebabkan siswa sudah mengetahui materi terlebih dahulu sebelum disampaikan. Jadi kalau seorang guru tidak update bisa saja kalah informasi dengan siswanya sendiri.

2. Kurikulum yang sering berubah

Perubahan kurikulum mengacu pada kondisi dan situasi terkini untuk sesuai perkembangan zaman, jika seorang guru tidak dapat menyesuaikan cara mengajarnya, maka tidak menutup kemungkinan siswanya juga tidak bisa menyesuaikan keadaan zaman sekarang ini.

3. Strategi Pembelajaran

Seorang guru dituntut kreatif untuk bisa menyampaikan materi dalam berbagai penyampaian. Maka dari itu harus dibutuhkan strategi yang jitu supaya materi bisa tersampaikan dengan baik. Karena kondisi murid yang satu dengan yang lainnya pastilah berbeda. Jadi jika seorang guru tidak peka akan hal itu maka penyampaian materi di kelas bisa jadi tidak maksimal.

4. Model Pembelajaran

Metode mengajar dengan hanya mengandalkan papan tulis adalah metode kuno yang sudah tidak jamannya lagi. Guru harus mahir membuat presentasi untuk disampaikan dengan menggunakan LCD, powerpoint, dan aplikasi lainnya. Intinya seorang guru harus mahir mengoperasikan komputer untuk kebutuhan mengajarnya.

5. Penguasaan Kelas

Seorang guru harus bisa menguasai kelas ajarnya. Jika saat guru sedang mengajar lalu kelas ramai tak terkendali sehingga kondisi kelas tidak kondusif, padahal penguasaan materinya bagus dan tertata dengan rapi, maka penyampaian materi tidak akan berjalan normal jika seorang guru tidak bisa menguasai kelas saat KBM berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *